Bangun Pagi dan Segudang Manfaatnya.

  • 05:28 WITA
  • Administrator
  • Artikel

Nama: Agil Kurniawan

NIM: 70200119125

Bangun saat di pagi hari adalah salah satu hal yang sangat sulit drilakukan seseorang yang tidak terbiasa melakukannya. Kebanyakan orang saat malam hari tidur saat sudah larut malam dikarenakan banyak hal, termasuknya adalah kebisingan daerah sekitar yang mengakibatkan sesorang sulit untuk tidur saat malam hari.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh dr. Muflihah, Biomed yang merupakan salah satu dosen fakultas kedokteran Universitas Islam Indonesia yang berisi ­pre-post-test yang melibatkan 56 mahasiswa dilakukan untuk melihat perbandingan tingkat stress pada mahasiswa yang sebelumnya memiliki kebiasaan tidur pagi setelah sholat subuh. Hasil penelitian menunjukan nilai perubahan yang signifikan terhadap tingkat kecemasan (p=0,003) dan level stres (p=0,023) pada kelompok perlakuan setelah merubah kebiasaan tidur paginya menjadi kebiasaan untuk bangun pagi dibandingkan dengan kelompok kontrol (tanpa perlakuan).

Selain itu peneliti dari Massachusetts general hospital melakukan sebuah penelitian dengan memeriksa genom atau informasi genetic setiap individu untuk menentukan hubungan antara gen, waktu bangun tidur yang mereka sukai, dan bagaimana hal tersebut berkaitan dengan Kesehatan mereka. Hasil penelitian menunjukkan orang dengan kebiasaan bangun pagi memiliki Kesehatan mental yang lebih baik, indeks massa tubuh yang stabil, serta memiliki resiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 yang lebih kecil. Sedangkan mereka yang memiliki kebiasaan tidur larut malam, memiliki resiko terkena penyakit skizofrenia dan memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi.

Didalam agama islam sendiri bangun saat pagi hari adalah sebuah keharusan bagi setiap muslim karena salah satu waktu sholat wajib bagi setiap muslim yaitu sholat subuh ada di pagi hari, Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah pernah berkata dalam kitab zadul ma’ad khairil jilid 4, hal 222  “tidur setelah subuh mencegah rezeki, karena waktu subuh adalah waktu mencari rezeki  mereka dan waktu yang dibagikannya rezeki”. Oleh karena itu waktu dipagi hari adalah waktu emas, dan bagi mereka yang ingin mendapatkanya adalah dengan bagun pagi dan tidak tidur lagi setelah solat subuh.

Bangun saat pagi juga bukan hanya untuk meningkatkan kesejahtraan kita dalam bidang ekonomi, akan tetapi tingkat Kesehatan kita juga akan menjadi lebih baik. Mulai dari Kesehatan mental hingga Kesehatan-kesehatan yang bersifat lahiriyah maupun batiniyah kita akan terjaga. Selain itu bangun saat dipagi hari juga dapat meningkat mood dalam melaksanakan aktifitas keseharian bahkan sampai wajah berseri-seri saat mealkukan aktifitas pun akan terpancarkan dari diri kita.

Di Islam sendiri, melaksanakan kewajiban merupakan hal yang harus ditaati setiap muslim yang beriman, mulai dari sholat subuh, zikir setelah solat subuh yang dapat meningkatkan kecintaan kita kepada Allah SWT, hingga melakukan sholat sunnah Duha yang merupakan salah satu anjuran nabi Muhammad SAW.

Selain itu, bangun pagi juga dapat meningkatkan tingkat sosial kita kepada masyarakat, hal ini dikarenakan melihat sesorang yang sudah bangun saat masih pagi dapat menyenangkan bagi masyarakat maupun dari keluarga kita sendiri.

Oleh karena itu, penulis mengajak pada diri sendiri untuk selalu rajin untuk bangun pagi terutama saat subuh dan menghindari tidur lagi saat setelah sholat subuh yang bisa mengakibatkan rezeki ataupun tingkat Kesehatan kita dapat terkontrol dengan baik.

Kalimat akhir dari penulis, Allah SWT berfirman dalam qur’an surah al-anfal ayat 2 “sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah bergetar hatinya…”