Berbagi Inspirasi Bersama Warga Binaan Lapas Wanita

  • 30-11--0001
  • 12:00 WITA
  • pustipad
  • Berita

Dengan mengusung tema "Tembok Bukan Penghalang Jiwa Kartini", Peringatan Hari Kartini oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Makasaar bersama warga binaan Lapas Wanita Klas IIA Sungguminasa (29/04).

Life Inspiring menjadi konsep pilihan HMJ Kesehatan Masyarakat untuk memperingati Hari Kartini yang sebenarnya jatuh pada tanggal 21 April. Hal tersebut tak menghalangi tekat pengurus untuk tetap melaksanakan peringatan hari lahirnya R.A Kartini yang biasa kita sebut "Ibu Kartini" dengan mottonya "Habis Gelap Terbitlah Terang" yang mampu merealisasikan emansipasi wanita dijamannya hingga sekarang ini.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang setiap tahunnya diperingati dan merupakan program kerja unggulan dari Bidang Pemberdayaan Perempuan HMJ Kesehatan Masyarakat.

Rezki Armika sebagai koordinator bidang pemberdayaan perempuan berharap dengan terlaksananya kegiatan peringatan hari kartini yang dikemas dalam Kunjungan dan Dialog Interaktif dengan tema "Tembok Bukan Penghalang Jiwa Kartini" ini warga binaan mampu memetik hikmah, menjadikan motivasi dan inspirasi dalam momentum peringatan hari kartini dan dalam menjalani kesehariannya.

Bersama 50 warga binaan Lapas Wanita Klas IIA Sungguminasa, Life Inspiring oleh HMJ Kesehatan Masyarakat mampu menghibur dan menciptakan gelak tawa di ruangan aula yang begitu bersemangat. 

Dua materi yang tak kalah memotivasi yaitu materi pertama dari Gandi Iswanto S.Kep, Ners dengan materinya "Karna Aku juga Bisa" yang mampu memberikan semangat terlihat dari senyum yang muncul diwajah warga binaan yang hadir.

Materi "Menelisik Esensi Seorang Perempuan" oleh Dr. Fatmawaty Mallapiang menjadi materi penutup dalam kegiatan Life Inspiring juga tak kalah menarik.  Lagu "Ibu" yang dinyanyikan bersa-sama pun mampu meneteskan air mata para warga binaan.

Ketua Panitia Zachratul Azmi mengatakan bahwa "Ini merupakan kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian HMJ Kesmas terhadap warga binaan Lapas untuk memberikan motivasi agar tetap berkarya".

Lembaga kemahasiswaan bukan hanya bertanggung jawab dalah hal akademik semata melainkan mempunyai tanggung jawab moril dalam mengaktualisasikan nilai-nilai sosial di tengah-tengah masyarakat. HMJ Kesehatan Masyarakat mencoba untuk mewujudkan hal ini seperti yang ditegaskan oleh Muhammad Haris Ketua HMJ Kesehatan Masyarakat dalam sambutannya.

Hj. Indo Tang mewakili Ketua Lapas Wanita Klas IIA Sungguminasa dalam sambutannya mengatakan "kami sangat menyambut baik kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan di tempat kami ini, dan apresasi yang sebesar-besarnya kepada adik-adik yang telah berinisiatif untuk memberikan motivasi kepada warga binaan kami".

Acara ini ditutup dengan games dan doorprize menarik yang mampu menghibur warga binaan di Lapas Wanita Klas IIA Sungguminasa.

Admin