Prodi Kesmas UIN Alauddin Makassar Menyelenggarakan Webinar Penulisan Artikel

  • 05 Mei 2020
  • 12:00 WITA
  • Administrator
  • Berita

Prodi Kesmas UIN Alauddin Makassar Menyelenggarakan Webinar Penulisan Artikel


Baru-baru ini Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan webinar penulisan artikel  “systematic review” dengan menggunakan aplikasi zoom.

Kegiatan ini berlangsung senin, 4 Mei 2020 dengan diikuti 100 orang peserta yang tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa namun juga turut hadir dosen yang membimbing mahasiswa dalam penulisan skripsi.

“Pelaksanaan webinar ini merupakan bagian dari aktivitas untuk membimbing mahasiswa dalam penulisan skripsi di tengah pandemic covid-19 sebagai bentuk ikhtiar UIN Alauddin Makassar dalam mencegah penyebaran wabah corona,” ujar Syamsul Alam, SKM., M.Kes selaku moderator dalam webinar tersebut.

Dalam webinar ini, Prodi Kesmas mengundang narasumber Ismail Suardi Wekke,Ph.D yang merupakan dosen Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Sorong, Papua Barat.

Menurut Syamsul Alam, SKM., M.Kes, kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk berdiskusi dan memperoleh ilmu terkait penulisan dalam bidang akademik dikarenakan dalam laman web Sinta Ristek-BRIN RI, Ismail Suardi Wekke, Ph.D merupakan salah satu dosen yang masuk dalam 50 besar dosen produktif dalam penulisan ilmiah.

Dalam webinar tersebut, peserta berdiskusi mengenai systematic review, teknik pencarian sumber bacaan dan pangkalan data serta tips dan teknik penulisan systematic literature review di tengah pandemi corona.

Menurut Ismail Suardi Wekke, Ph.D, “Keterbatasan akses di luar rumah dan adanya virus corona bukan menjadi halangan kita untuk tidak produktif dalam menghasilkan artikel yang berkualitas.

“Semoga dengan adanya webinar ini, mahasiswa mampu menyelesaikan tugas akhirnya sesuai edaran rektor atau kebijakan universitas bagi mahasiswa tingkat akhir dengan memanfaatkan waktu selama di rumah sehingga mahasiswa dapat selesai tepat waktu walau dalam kondisi adanya wabah corona,” ujar Syamsul Alam, SKM., M.Kes