Prodi Melaksanakan Workshop Pelaksanaan PBL dan Magang

  • 05 September 2021
  • 08:37 WITA
  • Administrator
  • Berita

Prodi Melaksanakan Workshop Pelaksanaan PBL dan Magang


Sabtu, 4 September 2021 prodi kesehatan masyarakat FKIK UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan kegiatan Workshop Pelaksanaan PBL dan Magang yang dilakukan secara virtual. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yang diikuti oleh seluruh dosen prodi, laboran dan operator Prodi Kesehatan Masyarakat FKIK UIN Alauddin Makassar.

Pada hari pertama, kegiatan ini dipandu oleh ibu Dr. Fatmawaty Mallapiang, SKM., M.Kes yang bertindak sebagai moderator. Beliau merupakan dosen tetap Prodi Kesmas. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan bahwa penting saat ini kita melakukan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan prodi khususnya kegiatan praktikum atau kegiatan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat seperti PBL dan Magang mengingat situasi pandemi yang kita hadapi saat ini dan adanya aturan-aturan baru yang diterapkan sehingga perlu untuk melakukan perubaha-perubahan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Untuk mendapatkan gambaran atau pencerahan terkait perubahan-perubahan apa yang harus dilakukan, maka prodi menghadirkan bapak Ansariadi, SKM., M.Sc.PH., Ph.D yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik FKM Universitas Hasanuddin. Pada kesempatan kali ini beliau membawakan materi mengenai pelaksanaan kegiatan praktikum khususnya PBL dan Magang sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan dimasa pandemi. Selain itu di bahas pula mengenai kompetensi apa yang harus dicapai mahasiswa pada saat turun ke lapangan. 

Di hari kedua para peserta membahas mengenai pedoman pelaksanaan, SOP dan RPS untuk PBL dan Magang,  Harapannya semoga dengan adanya kegiatan workshop ini pelaksanaan kegiatan PBL dan magang di prodi Kesmas UIN Alauddin Makassar dapat lebih baik lagi ke depannya.