Tingkatkan Hardskill & softskill mahasiswa melalui Praktikum Lapangan Penentuan Status Gizi (PSG) II

  • 07 Mei 2024
  • 10:37 WITA
  • Administrator
  • Berita

Mata kuliah Penentuan Status Gizi (PSG) II merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa (i) Peminatan Gizi Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar yang disajikan pada semester VI Tahun Akademik 2023-2024. Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang mahasiswi peminatan gizi yang terdaftar pada mata kuliah  PSG II. Praktikum lapangan diadakan pada bulan Mei 2024 berlokasi di Pulau Liukang Loe, Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Dalam pelaksanaannya, praktikum lapangan ini didampingi oleh Ibu Syarfaini, SKM., M.Kes. dan Ibu Rini Jusriani, SKM., M.Kes. 

 

Kegiatan Praktikum Penentuan Status Gizi II ini bertujuan agar mahasiswa : (a) Mempunyai kemampuan dalam mengukur secara kuantitif dan kualitatif asupan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat; (b) Mempunyai kemampuan dalam mengolah data kualitatif maupun kuantitatif asupan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat; (c) Mempunyai kemampuan dalam menganalisis baik secara kuantitif dan kualitatif  asupan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat; dan (d) Mempunyai kemampuan dalam mengevaluasi baik secara kuantitif dan kualitatif  asupan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat.


Kepala Desa Bira, Bapak Murlawa, SE., dan Kepala Dusun Liukang Loe, Bapak Sukardi, S.Pd menerima perizinan kegiatan ini dengan sangat  baik pada bulan April 2024. Kemudian kegiatan Praktikum Lapangan terselenggara dengan baik pula di bulan Mei 2024.  Kegiatan Praktikum Lapangan meliputi pengukuran antropometri yang berpusat di SDN No. 170 Liukang Loe dan SMPN Satap 6 Bulukumba. Selain itu, dilakukan pula survey konsumsi rumah tangga pada masyarakat Pulau Liukang Loe. Hingga rilisnya berita ini, kegiatan ini masih berlangsung. Dan mahasiswi masih dalam tahap pengumpulan data.




Penulis : Rini Jusriani

Editor.  : Muh. Kahfi