Mahasiswa Kesmas sukses menjadi pembicaraan pada kegiatan The 2nd International of Science and Technology (ICOST) 2023

  • 30 Mei 2023
  • 08:42 WITA
  • Administrator
  • Berita

Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Alauddin Makassar ST.Hamidah dan Andi Jihan Ramadani sukses menjadi pembicaraan dalam Kegiatan The 2nd International  of Science and Technology (ICOST) 2023 yang dilaksanakan di Hotel Four Point pada tanggal 29-30 Mei 2023.


Kegiatan tersebut di dampingi oleh beberapa dosen prodi Kesehatan Masyarakat yaitu Ibu Yusma Indah Jayadi, Ibu Sukfitrianty Syahrir dan Bapak Abd. Majid HR Lagu.


Dalam ajang bergensi tersebut, Andi Jihan Ramadani Dan ST Hamidah mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul Relationship Between Pictorial Health Warning In Cigarette Packaging On Smoking Behavior Of FKIK UIN Alauddin Makassar Students 2022.


Mereka menjelaskan, fenomena kesehatan terkait rokok yang terjadi di mahasiswa dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pictorial health warning pada kemasan rokok terhadap perilaku merokok mahasiswa FKIK UINAM.


Dari hasil penelitiannya, Hamidah mengatakan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan Pictorial Health Warning pada kemasan rokok terhadap perlaku merokok pada mahasiswa FKIK UINAM. 


Menurutnya, semua responden dalam wawancara yang dilakukan pernah melihat kemasan rokok yang terdapat bahaya dari rokok tersebut itu sendiri. Masih ada beberapa mahasiswa yang saat ini masih merokok dalam kategori ringan. Namun lebih banyak mahasiswa yang tidak merokok karena sadar akan bahaya merokok bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan dan orang disekitar.


Lebih lanjut, Jihan menjelaskan bahwa pada responden perokok pasif lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan perokok aktif. Mahasiswa yang berhenti merokok menggunakan cara alternatif yaitu memakan gula-gula sebagai pengganti rokok.


Peneliti merekomendasikan untuk melakukan penelitian lebih mendalam sehingga dapat melihat keragaman populasi dan sampel penelitian yang mewakili Fakultas Kesehatan dan Fakultas Non-Kesehatan. Hal tersebut perlu dilakukan agar meminimalisir perokok pada mahasiswa.