Kuliah Umum Prodi Kesehatan Masyarakat

  • 31 Agustus 2021
  • 10:35 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kuliah Umum Prodi Kesehatan Masyarakat


Selasa, 31 Agustus 2021 Prodi Kesehatan Masyarakat FKIK UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan kuliah umum secara online dengan tema "Solusi, Tantangan dan Optimisme Pendekatan Keilmuan Kesehatan Masyarakat dalam Pengendalian Pandemi Covid-19". Peserta yang bergabung dalam kegiatan tersebut mencapai 353 peserta yang berasal dari mahasiswa prodi kesmas, dosen prodi kesmas, tenaga pendidik dari berbagai Universitas dan tenaga kesehatan.

Kuliah umum ini menghadirkan narasumber dr. Pandu Riono, MPH., Ph.D. Beliau merupakan Dosen FKM Universitas Indonesia atau lebih banyak kita kenal sebagai epidemiolog  dan Juru Wabah karena banyaknya keterlibatan beliau dalam mengatasi masalah kesehatan di Indonesia.

Dalam materinya dr.Pandu menyatakan bahwa masalah kesehatan yang kita hadapi seperti fenomena gunung es termasuk pandemi yang kita hadapi saat ini. Dimana sekitar 86% diperkirakan undetected karena tidak ada gejala namun tetap dapat menularkan. Hal ini menjadi masalah kesehatan yang sangat besar dan hingga sekarang belum ada obat yang ditemukan sehingga pencegahan sangat penting untuk dilakukan. Nah hal inilah yang dilakukan oleh Public Health yaitu melakukan pencegahan di hulu bukan di hilir karena obat yang ada tidak menyelesaikan masalah. Pencegahan yang dapat dilakukan untuk menurunkan kasus covid-19 yaitu dengan metode 5M + 3T + V = pandemi terkendali.

Pada kegiatan tersebut, hadir pula Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. Hamdan Juhannis, Ph.D yang sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya, besar harapan beliau semoga dengan adanya kuliah umum ini, kita dapat lebih kontributif terhadap masalah kesehatan masyarakat yang terjadi saat ini khususnya di masa pandemi. Jika kita tidak dapat  menghilangkan penyakit covid setidaknya kita dapat hidup berdampingan dengan penyakit tersebut.


Berita Terkait